Berita Pagi - Ulama dari Yaman Syaikh Ali bin Muhammad asy-Syaukani
menjelaskan tentang kebolehan tradisi umat Islam menghadiahkan bacaan Al-Quran
untuk mayit, baik di masjid maupun di rumah:
الْعَادَةُ الْجَارِيَةُ فِي بَعْضِ الْبُلْدَانِ
مِنَ اْلاِجْتِمَاعِ فِي الْمَسْجِدِ لِتِلاَوَةِ
الْقُرْآنِ عَلَى اْلأَمْوَاتِ وَكَذَلِكَ
فِي الْبُيُوْتِ وَسَائِرِ
اْلاِجْتِمَاعَاتِ الَّتِي لَمْ تَرِدْ
فِي الشَّرِيْعَةِ لاَ
شَكَّ إِنْ كَانَتْ خَالِيَةُ
عَنْ مَعْصِيَةٍ سَالِمَةً مِنَ الْمُنْكَرَاتِ
فَهِيَ جَائِزَةٌ ِلأَنَّ اْلاِجْتِمَاعَ
لَيْسَ بِمُحَرَّمٍ بِنَفْسِهِ لاَ سِيَّمَا إِذَا
كَانَ لِتَحْصِيْلِ طَاعَةٍ كَالتِّلاَوَةِ وَنَحْوِهَا
وَلاَ يُقْدَحُ فِي َذَلِكَ
كَوْنُ تِلْكَ التِّلاَوَةِ مَجْعُوْلَةً
لِلْمَيِّتِ فَقَدْ وَرَدَ جِنْسُ
التِّلاَوَةِ مِنَ الْجَمَاعَةِ الْمُجْتَمِعِيْنَ
كَمَا فِي حَدِيْثِ اقْرَأُوْا
يس عَلَى مَوْتَاكُمْ
وَهُوَ حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ وَلاَ
فَرْقَ بَيْنَ تِلاَوَةِ يس
مِنَ الْجَمَاعَةِ الْحَاضِرِيْنَ عِنْدَ الْمَيِّتِ أَوْ
عَلَى قَبْرِهِ وَبَيْنَ تِلاَوَةِ
جَمِيْعِ الْقُرْآنِ أَوْ بَعْضِهِ لِمَيِّتٍ
فِي مَسْجِدِهِ أَوْ
بَيْتِهِ اهـ (الرسائل السلفية
للشيخ علي بن محمد
الشوكاني ص : 46)
“Tradisi yang berlaku di sebagian
negara dengan berkumpul di masjid untuk membaca al-Quran dan dihadiahkan kepada
orang-orang yang telah meninggal, begitu pula perkumpulan di rumah-rumah,
maupun perkumpulan lainnya yang tidak ada dalam syariah, tidak diragukan lagi
apabila perkumpulan tersebut tidak mengandung maksiat dan kemungkaran, hukumnya
adalah boleh. Sebab pada dasarnya perkumpulannya sendiri tidak diharamkan, apalagi
dilakukan untuk ibadah seperti membaca al-Quran dan sebagainya. Dan tidaklah
dilarang menjadikan bacaan al-Quran itu untuk orang yang meninggal. Sebab
membaca al-Quran secara berjamaah ada dasarnya seperti dalam hadis: Bacalah
Yasin pada orang-orang yang meninggal. Ini adalah hadis sahih. Dan tidak ada
bedanya antara membaca Yasin berjamaah di depan mayit atau di kuburannya,
membaca seluruh al-Quran atau sebagiannya, untuk mayit di masjid atau di
rumahnya” (Rasail al-Salafiyah, Syaikh Ali bin Muhammad as Syaukani, 46)
Dengan demikian, tradisi semacam ini sudah banyak dilakukan
oleh umat Islam di negeri Arab. Dan tidak benar kalau amaliah ini berasal dari
Hindu-Budha.
Berkenaan dengan tradisi kita di Jawa, Syaikh Muhammad Ali
bin Husain al-Maliki ditanya seputar tradisi sedekah makanan di Jawa, beliau
menjawab:
اِعْلَمْ اَنَّ الْجَاوِيِّيْنَ
غَالِبًا اِذَا مَاتَ اَحَدُهُمْ
جَاؤُوْا اِلَى اَهْلِهِ بِنَحْوِ
اْلاَرُزِّ نَيِّئًا ثُمَّ طَبَّخُوْهُ
بَعْدَ التَّمْلِيْكِ وَقَدَّمُوْهُ ِلاَهْلِهِ وَلِلْحَاضِرِيْنَ عَمَلاً بِخَبَرِ “اصْنَعُوْا
ِلاَلِ جَعْفَرٍ طَعَامًا” وَطَمَعًا فِي ثَوَابِ
مَا فِي السُّؤَالِ
بَلْ وَرَجَاءَ ثَوَابِ اْلاِطْعَامِ
لِلْمَيِّتِ عَلَى اَنَّ اْلعَلاَّمَةَ
الشَّرْقَاوِيَ قَالَ فِي شَرْحِ
تَجْرِيْدِ الْبُخَارِي مَا نَصُّهُ وَالصَّحِيْحُ
اَنَّ سُؤَالَ الْقَبْرِ مَرَّةٌ
وَاحِدَةٌ وَقِيْلَ يُفْتَنُ الْمُؤْمِنُ
سَبْعًا وَالْكَافِرُ اَرْبَعِيْنَ صَبَاحًا وَمِنْ ثَمَّ
كَانُوْا يَسْتَحِبُّوْنَ اَنْ يُطْعَمَ عَنِ
الْمُؤْمِنِ سَبْعَةَ اَيَّامٍ مِنْ
دَفْنِهِ اهــ بِحُرُوْفِهِ (بلوغ
الامنية بفتاوى النوازل العصرية
مع انارة الدجى
شرح نظم تنوير
الحجا)
“Ketahuilah, pada umumnya
orang-orang Jawa jika diantara mereka ada yang meninggal, maka mereka datang
pada keluarganya dengan membawa beras mentah, kemudian memasaknya setelah
proses serah terima, dan dihidangkan untuk keluarga dan para pelayat, untuk
mengamalkan hadis: ‘Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja’far’ dan untuk
mengharap pahala sebagaimana dalam pertanyaan (pahala tahlil untuk mayit),
bahkan pahala sedekah untuk mayit. Hal ini berdasarkan pendapat Syaikh
al-Syarqawi dalam syarah kitab Tajrid al-Bukhari yang berbunyi: Pendapat yang
sahih bahwa pertanyaan dalam kubur hanya satu kali. Ada pendapat lain bahwa
orang mukmin mendapat ujian di kuburnya selama 7 hari dan orang kafir selama 40
hari tiap pagi. Oleh karenanya para ulama terdahulu menganjurkan memberi makan
untuk orang mukmin selama 7 hari setelah pemakaman” (Bulugh al-Amniyah dalam
kitab Inarat al-Duja 215-219).
Ma’ruf Khozin, pengasuh kajian Aswaja Majalah AULA[dutaislam]
0 Response to "Mengapa Harus Ada Tahlilan Hingga 7 Hari Sejak Orang Meninggal? Ini Penjelasannya..."
Posting Komentar